Beranda / Lantas / Hari Pertama Operasi Lilin, Kasat Lantas Bersama Intansi Terkait Cek Kelayakan Kendaraan di Lhokseumawe

Hari Pertama Operasi Lilin, Kasat Lantas Bersama Intansi Terkait Cek Kelayakan Kendaraan di Lhokseumawe

 

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka memasuki operasi lilin rencong 2019 jajaran Polres Lhokseumawe melaksanakan pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Hari pertama operasi Satlantas Polres Lhokseumawe bersama Dishub kota Lhokseumawe serta jasa raharja mengadakan pengecekan terhadap kelaikan jalan kendaraan angkutan umum yang beroperasi, senin (23/12/2019) pagi.

Pemeriksaan kendaraan dilakukan secara berkala berdasarkan dari KIR serta kondisi fisik baik kelengkapan eksterior maupun interior serta perangkat operasional kendaraan tersebut mulai dari sisi luar dan dalam kendaraan menjelang pertengahan liburan Natal dan Tahun Baru di Terminal Terpadu kota Lhoksumawe.

Kasat Lantas polres lhokseunawe AKP W. Rachmat jayadi S.I.K, didampingi kanit dan anggota unit dikyasa mengatakan, sasaran pemeriksaan meliputi kelengkapan wajib sopir SIM yang sesuai kategori peruntukannya perangkat kelaikan kendaraan angkutan umum baik antar kota maupun antar provinsi.

Adapun lingkup pemeriksaan meliputi kondisi ban, lampu utama , lampu sign, lampu rem, wiper, emisi gas buang, alat pemecah kaca, hingga klakson, sampai dengan sabuk pengaman jg diperiksa pd kesempatan ini.

Kelengkapan surat-surat kendaraan meliputi STNK, Buku Uji Kendaraan dan kesesuaian izin Trayek juga ikut diperiksa, tambah Kasat Lantas didampingi tim pemeriksa dari dinas terkait.

Tujuan pemeriksaan itu untuk memastikan kondisi kendaraan angkutan umum yang berkeselamatan, serta mencegah terjadinya laka lantas serta meminimalisir fatalitas korban kecelakaan lalu lintas yang melibatkan angkutan umum.

Pemeriksaan kendaraan angkutan umum dalam rangka memberikan perlindungan, pelayanan terhadap masyarakat yang hendak bepergian termasuk keamanan dan keselamatan kepada masyarakat yang akan menggunakan sarana angkutan umum selama libur Natal dan Tahun Baru.

Bagi penumpang angkutan umum apabila menemui langsung sopir yang ugal-ugalan silahkan melaporkan kepada personil pos pelayanan ops lilin rencong yang berada di terminal terpadu atau ke personil satlantas kami pada pos dan personil lapangan yang sedang melaksanakan patroli. Hal ini bertujuan supaya keselamatan penumpang angkutan umum tetap diutamakan”imbuhnya

“Dengan kegiatan pemeriksaan layak jalan seperti ini diharapkan dapat mencegah terjadinya laka lantas yang melibatkan angkutan umum sehingga terciptanya kamseltibcar lantas di wilkum Polres Lhokseumawe.” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *